Beberapa Cara Untuk Menghilangkan Bau Badan

Berkeringat merupakan suatu reaksi tubuh alami namun bila tercampur bakteri yang ada malah mengeluarkan bau tidak sedap. Bau yang dihasilkan merupakan suatu pemecahan protein keratin oleh bakteri yang ada di permukaan kulit anda. Orang yang mengalami bau badan, tentunya dapat menggangu orang yang berada di dekat anda, Sehingga tida kajarang menurunkan rasa percaya diri seseorang. Remaja maupun orang dewasa, pria maupun wanita bisa saja mengalami bau badan. Bila anda mengalami bau badan, ada beberapa cara alami menghilangkan bau badan yang dapat anda ikuti.

Jagalah Kebersihan Tubuh

Salah satu cara mengatasi bau badan, yakni dengan mandi setiap harinya minimal satu kali sehari. Bila cuaca sedang panas, anda sebaiknya mandi dua kali sehari, Mandi bisa membantu menghilangkan keringat sekaligus mengurangi jumlah bakteri pada kulit. Gunakan juga sabun yang memiliki kandungan antiseptik untuk membantu mengurangi bakteri penyebab bau badan.

Mengeringkan Badan Dengan benar

Bila sudah mandi, anda harus segera meneringkan tubuh, khususnya daerah yang mudah berkeringat. Hal ini penting untuk dilakukan karena bakteri yang menyebabkan bau badan dapat sulit berkembang baik di tempat yang lembab. Jadi jangan lupa untuk mengeringkan badan dengan handuk dan benar benar kering.

Gunakan Pakaian Yang Bersih

Menggunakan pakaian yang bersih juga menjadi cara mengatasi bau badan yang perlu dilakukan. Maka dari itu, Anda harus mencuci pakaian yang sesuai dengan aktivitas. Misalnya, untuk pakaian sehari-hari, sebaiknya gunakan pakaian yang berasal dari kain katun, linen, atau viscose. Saat melakukan aktivitas olahraga, gunakanlah pakaian yang berbahan sintesis agar keringat mudah kering dan tidak membuat keringat menjadi bau.

Rajin Mengkonsumsi Air Putih

Jangan meremehkan air putih. Mengkonsumsi air putih yang cukup dapat membantu proses berkeringat tubuh lebih lancar. Bila tubuh berkeringat dengan lancar membuat bakteri dan kotoran yang ada pada pori-pori kulit juga akan mudah terbuang pkeluar dari tubuh. Maka dari itu, anda perlu rajin minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari.

Mengkonsumsi Sayuran Hijau Dan Buah-Buahan

Rajin mengonsumsi sayuran hijau juga menjadi cara mengataso bau badan. Konsumsilah makanan seperti bayam, buncis, dan kangkung yang mengandung banyak zat hijau daun. Zat ini memberikan efek seperti dweodoran yang membantu menghilangkan bau badan yang tak sedap. Konsumsilah juga buah buahan segar, seperti apel, jeruk, jambu biji, papaya, atau buah lainnya setiap hari.

Kurang Mengkonsumsi Makanan Pedas

Cara mengatasi bau badan yang anda konsumsi. Di keseharian, sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan yang memiliki cita rasa pedas, seperti kari yang banyak mengandung cabai atau bawang putih. Dua makanan ini justri merupakan penyebab keringat bau.

Rajin olahraga

Carra cepat menghilangkan bau badan yang perlu dilakukan, yakni olahraga yang rutin. Olahraga membuat tubuh menjadi berkeringat. Hal itu juga membantu menghilangkan kuman dan juga bakteri yang menempel pada kulit anda.

Hindari Merokok

Bau badan pada perokok disebabkan senyawa imia dari asap rokok yang memecah asam pada keringat. Maka dari itu, jangan heran bila keringat menjadi lebih bau. Agar mengurangi atau mencegah bau badan, sebisa mungkin hindari merookok.

Gunakan Deodorant

Cara menghilangkan bau badan berikutnya adalah dengan menggunakan deodorant. Gunakanlah setelah mandi ketika tubuh anda sudah kering. Dodorant sebenarnya tidak mengurangi keringat. Namun sangat ampuh menutupi bau tidak sedap.