Category Archives: Furniture

Benarkan Mimbar Masjid Ukiran Jepara Mahal?

Mimbar masjid ukiran Jepara, Saat kita berbicara tentang Jepara dibenak kita yang pertama kali muncul adalah kota mebel, kota ukir, kota jati, dan semua yang berkaitan dengan produk furniture berkualitas. Iya, Jepara adalah surga dari furniture interior berkualitas. Mengapa demikian? Kita pasti tahu, Pahlawan wanita yang berasal dari Jepara Jawa tengah yaitu Raden Ajeng Kartini, pada jaman belanda sudah sangat gemar memperkenalkan ukiran khas Jepara kepada masyarakat luar negeri. Sifat mulia beliau memperkenalkan ukiran Jepara yaitu untuk memajukan perekonomian Jepara melalui seni ukir.

Di era sekarang ini ukiran Jepara sangat berkembang pesat dengan balutan furniture kelas wahid dengan bahan baku dengan kualitas unggulan. Hal tersebut sudah sangat terkenal seantero nusantara.

Kemudian bagaimana dengan produk mimbar Jepara, Pasti mahal ya??? Sebuah pertanyaan yang memang wajar muncul dari calon pembeli produk mebel furniture Jepara model apapun. Sebenarnya mahal itu bisa dibongkar dengan sebuah spesifikasi yang jelas, contoh furniture Jepara mengapa cenderung mahal? Karena bahan baku yang digunakan bukan kayu sembarangan, kayu yang digunakan misalnya kayu jati. Kayu jati adalah kayu mahal karena secara ketahanan dan keawetan dari segi cuaca sangat tahan dan tidak mudah susut atau berubah, berbeda dengan bahan kayu lain yang tidak memiliki karakteristik seperti kayu jati tersebut. Kemudian ukiran, seni ukir merupakan seni yang sangat dipengaruhi ketrampilan sumber daya manusia, Jepara memiliki perajin ukir yang terampil dan berpengalaman karena sudah diwarisi secara turun temurun, feeling seni ukir sudah ada sejak kecil hal tersebut yang menjadikan ukiran Jepara berbeda dengan ukiran daerah lain.

mimbar masjid ukiran Jepara minimalis

Hal tersebut menjadi sebuah korelasi jika kita berbicara mengenai harga mimbar masjid ukiran, Bahan yang digunakan untuk memproduksi mimbar masjid ukiran Jepara adalah kayu jati pilihan. Proses pengerjaan sangat memperhatikan segi konstruksi, bagaimana membuat produk mimbar yang kuat dan kokoh. Segi ukiran juga diperhatikan keluwesan serta kerapiannya, maka dari itu para pengukir jepara dengan pengalamannya tentu menjadikan karya seni ukir untuk produk mimbar masjid lebih bagus dan cantik.