Jenis Musik Yang Menjadi Musik Pop

Sebelumnya sudahkah kalian memahami tentang pengertian musik pop? Jika belum ada baiknya untuk membaca artikelnya terlebih dahulu, musik pop berasal dari gerakan Rock and Roll awal 1950-an, ketika perusahaan rekaman merekam lagu-lagu yang mereka pikir disukai remaja. Musik pop biasanya menggunakan musikal dari jenis musik lain yang populer saat itu. Banyak gaya musik yang berbeda telah menjadi musik pop selama periode waktu yang berbeda. Seringkali, perusahaan musik menciptakan gaya musik pop dengan mengambil gaya musik yang hanya didengar oleh sejumlah kecil orang, dan kemudian membuat musik itu lebih populer dengan memasarkannya kepada remaja dan dewasa muda.

Pada 1950-an, perusahaan rekaman mengambil rock and roll yang dipengaruhi blues (misalnya Chuck Berry dan Bo Diddley dan rockabilly (misalnya Carl Perkinsand Buddy Hollyand mempromosikannya sebagai musik pop. Pada akhir 1960-an dan awal 1970-an, perusahaan rekaman mengambil band musik rakyat) dan musisi dan membantu mereka menciptakan jenis musik baru yang disebut folk rock atau acid rock. Folk rock dan acid rock mencampurkan musik rakyat, blues dan rock and roll (misalnya The Byrdsand Janis Joplin). Pada 1970-an, perusahaan rekaman menciptakan beberapa lebih keras, jenis blues yang lebih keras disebut blues rock atau heavy metal, yang menjadi jenis musik pop (misalnya band Led Zeppelin dan Judas Priest).

Pada akhir 1970-an dan awal 1980-an, jenis musik dansa klub malam bernama Disco berubah menjadi jenis musik pop yang populer. Perusahaan rekaman mengambil jenis musik eksperimental yang terdengar aneh yang disebut musik New Wave dari tahun 1980-an dan mengubahnya menjadi band-band musik pop seperti The Cars. Pada 1990-an perusahaan rekaman mengambil jenis hard rock bawah tanah yang disebut Grunge (misalnya band Nirvana). Michael Jackson juga seorang seniman yang sangat berpengaruh untuk musik pop. Albumnya, Thriller, adalah album terlaris sepanjang masa. Dia juga menulis beberapa lagu yang sangat berpengaruh, seperti "Bad", "Give In to Me", "Will You Be There", "Heal the World", "We Are the World", "Black or White", dan " Billie Jean ", hanya untuk beberapa nama. Pada abad ke-21 (setelah runtuhnya disko pada 1980-an) R&B kontemporer menjadi musik pop. Contoh seniman R&B kontemporer yang memiliki daya tarik pop luas adalah Usher, Beyonce, Rihanna, Chris Brown, dan lainnya.

Sumber: alatmusik.net