Kehadiran Mesin Absensi Biometrik Menjadikan Gaji Tambahan Lebih Adil Bagi karyawan

Kinerja karyawan adalah hal yang dijadikan sebagai patokan oleh pihak perusahaan untuk menghitung dan memberikan gaji. Kebanyakan perusahaan akan memberikan gaji kepada karyawan berdasarkan perhitungan jam kerja. Perusahaan akan menyediakan absensi keberangkatan dan kepulangan karyawan dengan cara tertentu. Umumnya mereka menyediakan kertas tanda tangan kehadiran para karyawannya. Namun, cara absensi seperti ini dinilai memiliki kelemahan yang sangat banyak. Salah satunya adalah pemalsuan tanda tangan kehadiran. Banyak karyawan yang melakukan tindak kebohongan dengan cara tetap bertanda tangan meskipun sedang tidak masuk kerja demi mendapatkan gaji yang tinggi. Hal tersebut tentu tidak adil bagi karyawan yang selalu disiplin dalam bekerja.

            Permasalahan tersebut ternyata mampu mendorong pihak tertentu untuk memunculkan mesin absensi karyawan yang canggih. Pada awal keluarannya, mesin absensi tersebut menggunakan sistem absensi kartu. Seiring perkembangan teknologi, mesin tersebut berkembang menjadi mesin absensi digital. Dan pada saat ini, mesin absensi karyawan hadir dengan sistem sensorik sidik jari manusia, yang dikenal dengan nama mesin absensi biometrik. Dengan mesin ini, para karyawan tidak akan bisa berbuat curang dan mencari akal untuk tidak jujur. Sehingga, para karyawan akan merasa adil dalam pemberian gaji, termasuk gaji tambahan. Selain itu, mesin ini memiliki kelebihan lain yang sangat menguntungkan, baik bagi perusahaan ataupun karyawan. Adapun kelebihan dari mesin absensi biometrik ialah sebagai berikut:

  1. Mencatat Absensi Karyawan Secara Akurat dan Cepat

Seperti yang telah diketahui bahwa mesin ini dilengkapi dengan sistem sensorik sidik jari manusia. Cara penggunaannya pun sangat muda, yakni hanya dengan menempelkan jari pada layar yang disediakan. Umumnya jari yang digunakan ialah jari jempol karena dinilai lebih efesien. Dengan demikian, para karyawan tidak perlu lama-lama menunggu antrian kertas berjalan. Selain itu, hasil dari pencatatan mesin ini pun sangat akurat dan tepat. sehingga, gaji yang diberikan kepada karyawan pun akan sangat sesuai.

  • Menghindari Kecurangan Karyawan

Absensi secara manual umumnya sangat rawan dengan kecurangan karyawan layaknya membolos, titip absen, dan sebagainya. Dengan mesin absensi sensorik ini, para karyawan dijamin tidak akan bisa melakukan hal demikian pasalnya mesin hanya mendeteksi sidik jari dari karyawan tersebut. Hal tersebut pastinya akan menghambat karyawan nakl untuk melancarkan aksinya.

  • Pengelolaan Sangat Mudah

Penggunaan mesin ini terbilang sangat mudah dan lebih menguntungkan dari segi waktu maupun finansial. Hal ini dikarenakan pengelolaan data lebih mudah dibandingkan dengan absensi manual. Mesin ini mengelola sidik jari yang sudah terkumpul melalui software yang sudah tehubung dengan komputer. Sehingga, laporan pun dapat dikerjakan dengan sangat mudah dan akurat.

  • Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Mengingat bahwa mesin absensi karyawan dengan sidik jari ini menyediakan jaringan keamanan yang sangat tinggi, maka tidak heran rasanya jika hal tersebut bisa meningkatkan produktivits karyawan. Mereka tidak bisa melakukan hal-hal curang seperti bolos kerja, dan terlambat. Dengan demikiat, para karyawan dituntut untuk semakin disiplin dan menghargai waktu.

            Nah itulah, beberapa kelebihan dari mesin absensi biometrik. Jika Anda tertarik untuk membeli mesin tersebut, maka langsung saja kunjungi tempat penjual benda-benda elektronik di sekitar Anda. Di samping itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara online melalui situs jual beli online karena saat ini mesin tersebut juga didistribusikan secara online.