Mengenal Alat Kesehatan Di Ruang ICU Rumah Sakit

Rumah Sakit memiliki cukup banyak ruangan – ruangan khusus seperti Ruang Operasi, RuangPeriksa Poli, Ruang ICU, Ruang NICU dan masih banyak lagi yang lainnya. Coba kita sorot satu ruang yang hampir ada di setiap rumah sakit yaitu ICU. Intensive Care Unit (ICU) merupakan satu ruangan khusus yang berfungsi untuk perawatan pasien secara intensive. Untuk menjalankan tugas tersebut di dalamn ruangan dibekali dengan bermacam alat kesehatan penunjang, apa saja contohnya ? Itulah yang akan kita bahas pada kesempatan ini.

alat kesehatan ruang ICU

Tentunya tidak semua alat kesehatan yang ada di dalam ruangan ini kita sebutkan. Kita ambil beberapa cotoh saja yang merupakan satu alat khusus tersedia di sana. Oke langsung saja kita lihat contohnya berikut ini :

Pasien Monitor

Mungkin kita bisa katakan alat ini sebagai alat utama yang diperlukan di dalam ruangan ini. Pasien yang dirawat di dalam ruang ICU haruslah mendapatkan perhatian khusus dimana kondisi kesehatan fisiknya perlu dipantau setiap saat karena tidak stabil. Agar pemantauan dapat dilakukan dengan mudah di sinilah peranan pasien monitor. Alat ini bisa memonitor beberapa parameter kesehtan yang penting seperti detak jantung, grafik EKG, tekanan darah dan berbagai macam parameter penting lainnya.

Seiring dengan banyaknya toko alkes yang jual pasien monitor mudah. Banyak Rumah Sakit yang tadinya tidak menggunakan alat ini sekarang telah banyak yang menggunakan alat monitor tersebut di dalam ruang ICU mereka. Dengan demikian pemantauan pasien akan semakin mudah dan benar – benar intensive.

Alat Oksigenasi

Selain alat tersebut, alat oksigenasi juga dibutuhkan di dalam ruangan ini. Pasien dalam kondisi yang kritis pasti membutuhkan banyak asupan oksigen untuk membantu daya tahan tubuhnya dalam memenuhi kebutuhan oksigen, oleh karena itu, alat oksigenasi sangat penting dan harus di tersedia di dalam ruangan ini. baca ini Gejala gagal Jantung

Alat Defibrillasi

Apa itu defibrillasi ? Yaitu sebuah tindakan untuk mengembalikan kondisi detak jantung yang tidak normal dari pasien. Alat defibrilasi dinamakan dengan defibrillator. Kondisi pasien yang kritis di ICU terkadang tidak bisa diduga sebelumnya. Ketika kondisi detak jantung pasien mulai tidak normal yang bisa dilihat di pasien monitor, biasanya dokter akan melakukan tindakan defibrillasi. Oleh karena itu alat ini penting dan amat dibutuhkan di ruangan ini