Kotoran Toilet

Tersingkap! Ke Manakah Perginya Kotoran Toilet Pesawat

Sempat memakai toilet dalam pesawat terbang? Bila sempat, kemana sebenarnya kotoran itu akan selesai? Beberapa orang yakin bila kotoran toilet (tinja manusia) di pesawat akan dibuang waktu pesawat tengah terbang di hawa.

Kepercayaan itu memang benar sampai ditemukannya skema toilet moderen yang dibuat James Kemper. Toilet yang memercayakan daya hisap serta dikit air itu baru dipasang untuk kali pertamanya di pesawat Boeing pada 1982.

Awal mulanya, skema toilet di pesawat menyertakan satu ember atau wadah spesial yang didesain demikian rupa.

Baca juga: Inilah Harga Sedot WC Paling Murah

Buat penumpang pesawat di masa Perang Dunia II, mungkin toilet ember yang dijuluki ‘Elsan’ ialah perihal yang sangat dibenci saat penerbangan.

Toilet Elsan riskan meluap serta memuntahkan ‘isinya’ keluar ke mana-mana, lebih waktu pesawat alami turbulensi atau pilot lakukan manuver berlebihan.

Kru pesawat terkadang senang buang air kecil atau buang air besar ke Elsan, sebelum melemparkannya keluar lewat jendela. Bahkan juga konon pilot tempur Inggris seringkali buang toilet Elsan yang penuh dengan kotoran dengan bom yang dijatuhkan ke tentara Jerman.

Sesudah itu muncul toilet berupa kotak yang susah dipakai yang berisi cairan desinfektan berwarna biru bernama Skykem. Akan tetapi toilet ini pula riskan bocor.

Baru lalu muncul toilet ala Kemper yang memakai dikit air akan tetapi mempunyai daya hisap kuat untuk menyimpan kotoran sesaat sampai pesawat datang di bandara.

Semenjak itu, tehnologi pertoiletan pesawat tidak alami perkembangan yang bermakna. Tetapi masih ada macam dari toilet James Kemper. Seperti yang dipakai di pesawat Boeing 787 yang miliki penutup toilet automatis.

” Mustahil buang kotoran dari toilet waktu pesawat terbang,” jelas Patrick Smith, seseorang pilot serta penulis Cockpit Secret. ” Baru waktu pesawat datang di bandara arah, cairan biru serta kotoran di toilet dihisap oleh truk pengangkut kotoran serta dibuang di tempatnya.”

Waktu dipindahkan itu, semua kotoran itu telah berwarna biru serta hampir berupa cair sepenuhnya. Pada beberapa masalah, suhu dingin di angkasa membuat cairan kotoran yang telah tercampur desinfektan itu membeku hingga dimaksud kristal biru.

Walau demikian, walau jarang, ada pula ‘kecelakaan kecil’ saat toilet bocor serta memuntahkan dalamnya keluar.

Baca juga: Kontraktor IPAL

” Seseorang pria di California memenangi tuntutan sesudah potongan kristal biru jatuh dari pesawat serta menerjang perahu layarnya,” lebih Kapten Smith.

” Dari toilet yang bocor, kotoran bercampur desinfektan membeku serta jatuh seperti bom es. Bila Anda fikir itu peristiwa yang jelek, ada yang lebih jelek. Satu Boeing 727 alami rusaknya mesin sesudah menelan sepotong kristal biru yang membeku saat toiletnya bocor.”